Minggu, 29 Maret 2020

SOFTSKILL ETIKA BISNIS PROMOSI (PAKAIAN BATIK)


SOFTSKILL ETIKA BISNIS

Nama : Chandra Haryo Yudhanto
Kelas : 3EA11
NPM : 16217802

1. Dalam kasus ini saya akan menjelaskan cara mempromosikan suatu barang dan etika bisnis yang digunakan
2.  Barang yang akan saya gunakan adalah produk pakaian Batik.

Promosi Pakaian Batik
Batik merupakan sebuah hasil karya budaya bangsa Indonesia yang berkembang dan dilestarikan secara turun temurun, sekarang ini batik telah mendapat pengakuan secara Internasional. Di Indonesia batik merupakan hasil produksi yang menjadi komoditas perdagangan antar daerah dan juga sebagai komoditas ekspor andalan Indonesia.  Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai sukses dalam persaingan adalah berusaha menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai yaitu salah satunya dengan promosi.
Promosi merupakan salah satu kegiatan dalam marketing mix. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan kegiatan marketing mix yang lain. Dalam kegiatan promosi ini setiap industri batik ini kami berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimiliki baik langsung maupun tidak langsung. Tanpa promosi jangan diharapkan para konsumen kami mengenal produk batik.  Untuk mengenalkan produk perusahaan, diperlukan kegiatan periklanan dengan menyampaikan informasi dari produk yang dihasilkan untuk mencapai pasar sasaran secara singkat agar produk dikenal oleh masyarakat secara luas, seharusnya kami melakukan kegiatan advertising dengan cara memasang iklan di majalah atau koran, menyiarkan di TV atau Radio, kalender, pemasangan spanduk (discount, sponshorship) dan lain-lain, itu mungkin sesuatu yang ideal apabila dilakukan oleh sebuah industri batik. Dengan adanya internet sebenarnya sangat sangat mendukung produk untuk diiklankan, artinya internet sekarang ini menjadi media yang paling murah dan gampang untuk mengiklankan sebuah produk, selain itu cara meniklankan produk yang tak kalah bagusnya adalah dengan konsumen yang berbicara dengan konsumen lain (word to mouth), selama kualitas produk yang kita keluarkan kepasar terjaga atau punya standar yang baik.
Etika Bisnis:
dalam hal ini saya akan menerapkan beberapa metode yaitu sebagai berikut;
1.      Pengenalan diri
2.      Ucapan terima kasih
3.      Pengembangan tanggung jawab social
4.      Mempertahankan jati diri
5.      Bersikap jujur jika memang ada kekurangan
6.      Menciptakan persaingan yang sehat antar pengusahan yang lain
7.      Konsep “Perkembangan berkelanjutan”
Menjaga kesepakatan antar mitra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toyota Astra Finance (TAF) Solusi Pembiayaan Mobil Toyota, Daihatsu, Lexus dan Pembiayaan Multiguna. Pada tahun 2006, PT Astra Internati...